m book 20 - kroping



Mengkroping Foto

Puji syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Esa atas anugrahnya kepada kita semua.

Kali ini saya mencoba menampilkan foto-foto dengan nuansa yang di kroping. Kroping merupakan istilah dalam bidang fotografi dengan cara menggunting foto sehingga tidak menimbulkan kesan foto ditampilkan dengan posisi persegi atau bentuk kotak. Dalam berbagai keperluan kroping foto juga difungsikan untuk menghilangkan beberapa elemen foto yang serasa mengganggu dan untuk mempertegas apa yang mau ditampilkan. Pada zaman dulu sebelum digital berkembang seperti saat ini mengkroping foto digunakan dengan cara menggunting, merobek dan menggunakan beberapa alat seperti mesin plong. Membuat garis seleksi foto dengan menggunakan garis lubang jarum, paku atau pun dengan silet.

Zaman serba digital seperti sekarang hal itu begitu mudah dilakukan dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang ada di komputer. Aplikasi pengolahan foto yang begitu banyak beredar seperti salah satunya dengan
photoshop, corelpaint, InDesign dan banyak lagi aplikasi olah foto sekarang. Hanya dengan menggerakan mouse hasil seleksi bisa didapatkan dengan mudah. Lebih cepat dengan sentuhan, bisa juga memanfaatkan teknologi layar sentuh yang sudah mulai tersedia sekarang jika membeli komputer dengan spesifikasi terbaru.

Beberapa foto mulai saya lihat beda dan mungkin menarik ditampilkan dengan cara kroping ini. Karena kita bisa melihat foto dengan beda tidak selalu persegi selama ini. Tapi tetap yang dipentingkan dalam sebuah foto adalah kenangan, dokumentasi dan kepada siapa foto diperlihatkan. Penikmat foto akan selalu memberikan nilai kepada sebuah foto.

Dengan tidak berpanjang lagi marilah kita nikmati foto-foto dengan nuansa kroping dari beberapa tahun belakangan ini! Mohon maaf jika ada kesalahan yang tidak disengaja. Saran dan kritik selalu diharapkan demi perkembangan buku ini!



http://issuu.com/nyomanmartawan/docs/m-photo_20