Panca Wali Krama Pura Penataran Sasih

Terima kasih dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah yang diberikan kepada kita semua. Semoga kita bisa menjalani kehidupan ini lebih baik dan lebih baik lagi di kemudian hari. Tak lupa juga terima kasih atas selesainya pengerjaan buku foto ini.
Pura Penataran Sasih berada di Pejeng, Gianyar-Bali. Pura ini paling dikenal dengan Pura Bulan (Bulan Pejeng), konon karena ada benda bersejarah di pura yang berbentuk menyerupai bulan. Benda yang disebutkan sebagai nekara prunggu di pura ini juga banyak terdapat berbagai peninggalan seperti arca-arca. Kali ini upacara dilaksanakan di tiga tempat dalam satu kawasan pura. Pura Taman Sari berada di sisi utara dari Pura Penataran Sasih. Pura Taman, berada di sisi timur bawah. Pura Penataran Sasih itu sendiri.
Panca Wali Krama, banyak juga yang menyebut dengan nama Panca Bali Krama adalah upacara dalam tingkatan yang besar dan hanya dilakukan di pura-pura tertentu saja. Tujuan utama dari dilaksanakan upacara ini adalah menjaga keharmonisan alam secara sekala maupun niksala.
Ayahan (pengerjaan) untuk melaksanakan upacara ini sudah dilangsungkan beberapa bulan sebelumnya. Berbagai persiapan dilakukan agar upacara bisa berjalan lancar. Pembuatan sarana upakara yang sangat banyak dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dibagi-bagi kepada setiap kelompok kecil seperti banjar-banjar (bagian kecil dari desa). Untuk pelaksanaanya biasanya juga dibagi dengan tiga, Sulinggih (melaksanaan pemujaan), Tapini (mempersiapakan upakara), Walaka (umat pelaksana). Semua menjadi bagian yang sangat penting dalam pelaksanaan upacara.
Rentetan upacara yang dimulai dari bulan November 2015 dan berakhir, upacara Bulan Pitung Dina pada 4 April 2016. Antusias warga sangat terasa dalam melaksanakan upacara besar ini. Saat upacara tidak hanya warga setempat yang melaksanakan bakti persembahyangan, tapi juga diisi oleh masyarakat umum dari luar desa karena pura ini termasuk pura khayangan jagat. Pada saat ritual Resi Bojana dijelaskan oleh Yajamana Karya (Pemimpin upacara) bahwa upacara Panca Wali Krama Pura Penataran Sasih Pejeng ini baru pertama kali dilaksanakan. Ini mengacu pada prasasti-prasasti yang telah dibaca. Mungkin saja upacara sejenis ini pernah dilakukan di pura yang sudah berumur ribuan tahun ini dengan nama yang berbeda.
Mohon maaf jika ada kesalahan yang tentunya tidak disengaja. Saran dan masukannya tentunya diharapkan demi perbaikan dikemudian hari. Terima kasih atas semuanya dalam pembuatan buku ini.
Foto dan tek oleh Nyoman Martawan