Biaya Upacara Manusia Bali

 Biaya Upacara Manusia Bali


Orang Bali adalah manusia upacara. Mereka mengupacarai diri sendiri, juga orang lain, lingkungan, alam, pohon, ternak, dan benda-benda mati. Sesaji dan pertunjukan kesenian dalam berbagai upacara menyebabkan Bali meriah, penuh suka cita, dan berbinar-binar. Uang dan materi melimpah harus dikeluarkan untuk itu.

Di Bali, dari menit ke jam, hari ke minggu, berbilang bulan, tahun, abad, tiada terlewatkan tanpa harum dupa, kepulan kemenyan, dan sesaji. Upacara-upacara itu menjadi tujuan, lebih penting tinimbang pendidikan anak-anak sekolah; harus didahulukan dibanding urusan sandang pangan sehari-hari.

Orang Bali yakin, upacara itu maha penting, yang akan mengantar mereka pada puncak kesejahteraan dan kebahagiaan tertinggi.

Buku yang merupakan intisari dari disertasi Made Sukarsa, mantan Rektor Universitas Warmadewa, ini, memang tidak mengupas secara rinci seluruh kaitan pernik-pernik upacara manusia Bali. Tapi buku ini menjadi penting karena berupaya keras memberi pandangan, betapa upacara yang dilakukan orang Bali berdampak pada sendi-sendi kehidupan sehari-hari.


Karya : Made Sukarsa

Ukuran : A5 - 84 hal

Harga : 35.000

Berat +- : 200 g


wa https://wa.me/6281936023593

www.tokopedia.com/mbukubali

www.shopee.com/mbukubali

www.bukalapak.com (cari : m buku bali)


#mbukubali #bukubali #bukuhindu #bukuBiayaUpacaraManusiaBali



Tidak ada komentar:

Posting Komentar