Balihohoho Kartun-kartun Gun gun

 Balihohoho  Kartun-kartun Gun gun


Gun gun adalah kartunis yang tidak dapat membiarkan karikatur hanya menjadi penghuni halaman-halaman koran, tapi juga menyajikannya di ruang-ruang pameran bergengsi, galeri dan museum. Boleh jadi itu dilakukan Gun gun karena ia tak cuma bergiat di bidang kartun, melainkan juga dalam seni lukis dan patung.

Gun gun lahir dan tumbuh dalam keluarga seniman, mendapat beasiswa memperdalam bidang kartun dan animasi pada Ever Green Film Company di Tokyo, Jepang. Pelbagai ironi dalam masyarakat menjadi tambang tak lekang baginya. Karikatur masyarakat Bali di tengah arus modernisasi, yang sarat dengan kenaifan, paradoks dan kelucuan, banyak direkam dalam karya-karyanya.

Sebagaimana tradisi dalam karikatur, Gun gun menciptakan tokoh imajinatif bernama I Brewok, sosok berjenggot panjang tak terurus, menurutnya karena tokoh itu terlalu banyak mengurus orang lain ketimbang dirinya. Tokoh representasi orang Bali masa kini ini berproses sekitar 30 tahun, tahun 80-an pernah bernama I Kales, menjadi I Brenges (1982), lalu I Brengos (1983). Baru tahun 1984 tokoh imajinatif itu menjadi mantap bernama I Brewok.


Karya : Gun gun

Ukuran : A5 - 102 hal

Harga : 35.000

Berat +- : 200 g


wa https://wa.me/6281936023593

www.tokopedia.com/mbukubali

www.shopee.com/mbukubali

www.bukalapak.com (cari : m buku bali)


#mbukubali #bukubali #bukuhindu #bukuBaliKartun



Tidak ada komentar:

Posting Komentar