Lawar Gowak

 Lawar Gowak


Cerpen-cerpen Ketut Rida menggunakan bahasa Bali lumrah, sehari-hari. Tapi, kendati lumrah, bahasa yang digunakan tidak kasar, tetap mengutamakan tata bahasa yang benar, tertib, dan teratur. Itu sebabnya, pemerhati sastra Bali modern menilai, karya-karya Ketut Rida pantas digunakan untuk belajar bahasa Bali.

Pemilihan bahasa yang sederhana justru memperkuat karya-karya Ketut Rida, bisa dimengerti dengan baik oleh segala lapisan umur. Rida tidak terkungkung menggunakan bahasa sor-singgih, sehingga cerpen-cerpennya menjadi akrab dengan pembaca.

Keunggulan lain dari karya-karya Ketut Rida ini adalah, ia mengemas kisah yang benar-benar Bali. Tidak cuma berlatar Bali, tapi kisahnya memang hanya mungkin terjadi di Bali dan dilakoni oleh penghuni Bali. Kisahnya pun menjadi asli, dan seakan-akan hanya milik Bali, cuma milik Rida.

Bahasanya sungguh-sungguh menampakkan cita rasa Bali yang sangat kuat. Rida menghindari sedapat mungkin pilihan bahasa dan kata-kata serapan. Bagi yang ingin menulis prosa Bali modern, buku ini wajib dijadikan acuan.

Banyak pengarang sastra Bali modern sekarang muncul, namun sulit mencari pengarang yang memiliki kekuatan dan keterampilan teknik menulis seperti Ketut Rida. Ia menulis dengan dabdab, pelan-pelan, tenang, kalem, sehingga cerpennya menjadi kaya oleh irama dan suasana.


Karya : Ketut Rida

Ukuran : A5 - 162 hal

Harga : 45.000

Berat +- : 200 g


wa https://wa.me/6281936023593

www.tokopedia.com/mbukubali

www.shopee.com/mbukubali

www.bukalapak.com (cari : m buku bali)


#mbukubali #bukubali #bukuhindu  #bukuLawarGoak



Tidak ada komentar:

Posting Komentar